Saturday, October 1, 2016

PANEN PERDANA BUDIDAYA IKAN GABUS SISTEM BIOFLOC DI P2MKP MINA PANTURA PEKALONGAN JAWA TENGAH



PANEN PERDANA BUDIDAYA IKAN GABUS SISTEM BIOFLOC DI P2MKP MINA PANTURA PEKALONGAN JAWA TENGAH




Standard


Pada tanggal 8 September 2016 P2MKP Mina Pantura melaksanakan Panen Perdana Budidaya Ikan Gabus dengan Sistem Biofloc,  dimana budidaya ikan gabus telah dilaksanakan pada awal bulan Januari Tahun 2016 yakni dengan ukuran benih 4-6 cm yang dibudidayakan secara massal oleh para pembudidaya dari Binaan P2MKP Mina Pantura yang tersebar di berbagai wilayah seperti Kab.  Kajen Kota Pekalongan Kab.  Pemalang Kab.  Tegal,  Kab.  Kendal dll. 
Mengapa Ikan Gabus? 
Ikan Gabus merupakan ikan yang mempunyai nilai ekonomis paling tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya,  ini dikarenakan ikan ganus mempunyai kandungan Albumin yang sangat tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya dan mempunyai protein yang cukup tinggi sehingga sangat berguna bagi pertumbuhan bayi. 
Pada budidaya Ikan Gabus Sistem Biofloc ini SOP nya tidak jauh dari budidaya Ikan Lele Sistem Biofloc yang sudah dikembangkan oleh kami sejak tahun 2011 silam,  sehingga efisiensi lahan bisa dimaksimalkan sehingga produksi yang dihasilkan meningkat sighnifikan dibandingkan dengan sistem budidaya konvensional pada umumnya. 
Pada. Panen perdana ini dihadiri oleh Pejabat dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kab.  Pekalongan,  SUPM Tegal,  Dinas Koperasi Kab.  Pekalongan,  BPPP Tegal perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan para pembudidaya Ikan Gabus se Eks Karesidenan Pekalongan. 

Selain itu,  dihadiri juga dari CV.  pj.  Herbal Nusantara yakni Bapak Sutristo Darmalin dimana pada kesempatan ini beliau menandatangi MoU dengan KPSS Koperasi Pantura Sakti Sejahtera Pekalongan yang intinya adalah hasil budidaya akan dikelola / dibeli oleh CV.  pj.  Herbal Nusantara sebagai bahan dasar pembuatan obat-obatan.





Fillet Ikan Gabus Standar Ekspor oleh BPPP Tegal


Just Moment :














created by. Eko Suwirno (Sekretaris P2MKP Mina Pantura - Pekalongan - Jawa Tengah.

No comments:

Post a Comment